Kecepatan internet NASA bukan 91Gbps, itu hanya kesalah pahaman

Internet


Apakah Anda pernah mendengar tentang kecepatan internet NASA yang bisa mencapai 91GBps?

Untuk yang masih awan, 91GBps itu bukan main cepatnya.

Kalau Anda pernah download lagu hanya dalam waktu 1 detik, jangan berharap itu cepat. Internet seperti itu hanya sekitar 0,01GBps, atau hampir 1000 kali lebih lambat daripada internet NASA yang dikabarkan.

Dengan 91GBps, Anda bisa download film, game, atau aplikasi besar apapun hanya dalam hitungan detik, bahkan mungkin tidak sampai satu detik sekalipun.

Tapi masalahnya, info yang beredar itu benar atau tidak? Jangan sampai menelan sembarang info mentah-mentah. Jadi, kali ini saya akan breakdown semua hal tentang info ini.


Apa itu NASA?


NASA adalah singkatan dari National Aeronautics and Space Administration, merupakan bagian dari pemerintahan Amerika Serikat, yang didirikan pada tanggal 1 Oktober 1958.

Singkatnya, NASA adalah badan yang mengurusi tentang sains dan teknologi yang berhubungan dengan luar angkasa. Misalnya seperti membuat satelit yang digunakan oleh ilmuan untuk meneliti planet.

Lalu ada beberapa rencana NASA kedepan, yaitu mendaratkan manusia ke bulan untuk meneliti bulan, dan kemudian lebih jauh lagi, mendaratkan manusia ke mars.

NASA ini adalah suatu badan atau institusi yang sangat besar, dan berjasa dalam perkembangan teknologi. Anda yang tidak bekerja di NASA pun bisa menggunakan ide-ide NASA untuk membuat sesuatu yang baru.

Jadi karena NASA adalah institusi besar milik pemerintah Amerika, kabar tentang kecepatan internet 91GBps bisa saja masuk akal, menurut beberapa orang.

Orang-orang berpendapat bahwa, mungkin saja dan tidak mustahil, kalau para badan antariksa ini, memiliki koneksi internet khusus yang tidak dapat dimiliki kita sebagai warga biasa.

Padahal, yang tidak mereka tahu, walaupun NASA diberi keistimewaan sekalipun, teknologi internet kita masih belum sampai disitu.

Disini tidak akan dijelaskan lebih jauh lagi tentang NASA, karena kita akan lebih fokus kepada internetnya. Kalau Anda ingin tahu lebih banyak lagi tentang NASA, Anda bisa mengunjungi website resminya di www.nasa.gov





Apa itu Internet?


Singkatnya, internet adalah jaringan yang menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Ponsel Anda terhubung dengan ponsel mantan Anda adalah dengan menggunakan internet. Anda terhubung dan bisa membaca halaman ini juga memakai internet.

Lalu bagaimana internet itu sendiri bekerja?

Sebenarnya internet itu sama seperti listrik. Listrik di rumahmu terhubung ke tiang terdekat, lalu tiang itu terhubung ke tower yang lebih besar, lalu tower itu terhubung ke yang lebih besar lagi, sampai akhirnya terhubung dari pembangkit listriknya.

Internet juga sama ...

Sebenarnya, dari ponsel, Anda terhubung terlebih dahulu dengan sebuah ISP (Internet Service Provider), contohnya Indosat atau Telkomsel, dengan wireless. Ponsel Anda akan terhubung ke tower-tower ISP terdekat melalui sinyal.

Lalu dari ISP masing-masing, terhubung lagi ke jaringan yang lebih besar. Sampai akhirnya, antar pulau, terhubung dengan kabel yang melintasi lautan samudera, dengan kecepatan bergigabyte per detik.

Tapi, karena data yang dikirim disitu juga sangat besar, maka Anda juga harus berbagi kecepatan internet dengan yang lainnya.

Ini sebabnya kenapa pada jam-jam sibuk, dimana banyak orang yang memakai internet, kecepatan Anda juga ikut menurun.


Internet


Bisakah Anda langsung terhubung ke internet tanpa melalui ISP? Bisakah Anda membuat ISP sendiri dan mendapatkan keuntungan?

Tentu saja, karena pada dasarnya, ISP hanya membantu Anda terhubung ke internet. Kalau Anda ingin terhubung sendiri tanpa bantuan ISP, tentu saja bisa. Bahkan Anda juga bisa membuat ISP sendiri.

Tapi akan sangat repot dan besar biayanya.

Anda harus membuat server di Gedung Cyber (www.iix.net.id), mendapatkan ASN dan mendaftarkannya di IDNIC (http://idnic.id), dan tentu saja membangun infrastruktur untuk jaringan-jaringannya, seperti server data, kabel fiber, router, dan banyak lagi.

Jadi internet bukanlah benda yang ada di awan, lalu Anda bisa mengaksesnya dengan ponsel secara langsung. Internet bukan berkumpul di satu tempat, dimana ada Google, Facebook, atau Mobile Legends seperti di film WreckItRaplh..

Ujung-ujungnya, internet adalah kabel, yang menghubungkan semuanya.

Kesimpulannya sekali lagi,

Internet adalah sebuah jaringan yang menyambungkan semua perangkat, dan dapat diakses secara global. Kata kuncinya disini adalah semua yang ada di dalam internet, bisa mengaksesnya.

Misalnya saya membuat lagu dan menyimpannya di dalam komputer milik saya sendiri, lalu komputer itu terhubung ke internet, semua orang yang juga terhubung ke internet pasti juga bisa mengakses lagu itu. Itu sebabnya agar orang-orang tidak sembarangan masuk ke komputer saya, ada yang namanya autentikasi, internet security, firewall, dan berbagai macam keamanan lainnya.


Kecepatan Internet NASA 91GBps?


Kabar yang beredar tentang kecepatan internet NASA ini murni kesalah pahaman, info ini tidak sepenuhnya benar.

Bukan kecepatan 91GBps-nya yang salah, tapi internetnya. Kecepatan itu bukanlah kecepatan internet NASA, melainkan hanyalah kecepatan intranet, atau jaringan internal saja. Bukan jaringan World Wide Web.

Yang sebenarnya terjadi adalah ...

... pada tahun 2013, NASA sukses menjalankan eksperimen dimana koneksi yang terhubung via ESNet, antara SuperComputer13 di Denver dan NASA Goddard facility di Meryland, dapat mengirim data dengan kecepatan 91GBps.

Simpelnya, ini sama saja dengan mengirim file dari laptop ke ponsel Anda. Jika Anda mencolokkan usb dari laptop ke ponsel, mengirim file mungkin bisa sampai 20MBps, tapi bukan berarti Anda bisa download dari internet dengan kecepatan segitu kan?

Dengan jaringan internal ini, NASA tidak bisa membuka facebook, instagram, apalagi download file dari internet, karena tidak terhubung. Kasarnya, kita semua tidak bisa membuka YouTube hanya dengan sebuah kabel.

NASA hanya melakukan eksperimen, seberapa cepat ya data bisa dikirim dari komputer A ke komputer B?

... dan hasilnya adalah 91GBps.





Baiklah,

Kesimpulannya, 91GBps bukanlah kecepatan internet NASA, tapi kecepatan data transfer saja.

Kalau NASA ingin mengakses internet, mereka pasti juga harus terhubung ke internet seperti kita, melalui berbagai macam jaringan terlebih dahulu.

Sebelumnya artikel ini adalah perbandingan kecepatan internet, tapi karena kominfo mengutip konfirmasi tentang kecepatan NASA ini, dan menaruhnya di website anti hoax ...

https://kominfo.go.id/content/detail/19004/hoaks-kecepatan-internet-nasa-91-gbps/0/laporan_isu_hoaks

... jadi saya merombak artikelnya, dan menjelaskan NASA secara penuh.

0 Response to "Kecepatan internet NASA bukan 91Gbps, itu hanya kesalah pahaman"

Post a Comment

Spam comment & Backlink akan di hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel