Pengertian, macam, dan jenis Crowd Control (CC) pada game MOBA - Mobile Legends: Bang Bang

Crowd Control: Mobile Legends


Anda semua pasti mengenal game moba, apalagi versi mobile atau yang saat ini dikenal dengan nama MOBALOG. Game ini sudah menjamur di kalangan semua usia.

Sebenarnya ada banyak mobalog di PlayStore, tapi karena mobalog yang paling populer adalah Mobile Legends, maka disini saya akan memakai contoh mobile legends.

Baik ...

Di dalam game MOBA yang mengusung genre strategi, pasti ada yang namanya Buff dan Debuff ...

Buff adalah semua hal baik atau positif yang didapat di dalam game.

Contoh nya kenaikan movement speed, bertambahnya damage yang dihasilkan, atau status positif lainnya, inti nya yang baik baik.

sedangkan Debuff adalah kebalikan dari Buff, adalah semua hal / status negatif yang diterima. Contohnya adalah beberapa yang akan kita bahas kali ini.

Beberapa game MOBA mungkin mempunyai istilah berbeda. Tapi di dalam game mobalog (MOBA Analog) yang ada di mobile, hampir semua mengadopsi istilah yang sama.

Jadi kalau namanya berbeda, setidaknya efek yang diterima akan sama.


Slow


Slow adalah status debuff dimana akan memperlambat atau mengurangi movement speed hero terget. Slow adalah Crowd Control yang paling banyak terdapat pada game moba. CC ini ada di skill hampir semua hero, ada di item, sampai battle spell.

Slow di skill hero, bisa Anda temukan di Skill 1 GatotKaca, Skill 1 Chou, Ultimate Hylos.
Slow di item, contohnya adalah pasif item ThunderBelt. Dan saat Anda membeli item jungle lvl 2, battle spell Retribution juga dapat digunakan untuk slow target.


Stun


Stun adalah status debuff dimana akan mematikan semua kemampuan target, seperti bergerak, menggunakan skill, atau menggunakan battle spell.

Stun sangat merepotkan sekali apalagi jika durasi nya cukup lama. Stun biasa nya ada di hero hero locker / instant killer.

Hero locker yang mempunyai stun paling bagus adalah Akai dengan Ultimate nya yang bisa stun target dengan durasi yang sangat lama. Untuk Instant killer contohnya seperti Ultimate dari Saber dengan stun + damage yang sangat besar.

Stun juga ada di battle spell petrify. Meskipun durasi yang hanya 0.7 detik, tapi jika penggunaan nya tepat pasti sangat merepotkan musuh.





Silence


Silence adalah status debuff dimana hanya akan mematikan fungsi skill dari taget. Target yang terkena silence tidak dapat menggunakan skill nya, namun masih dapat bergerak dan menyerang dengan menggunakan basic attack.

Silence paling banyak ditemukan pada hero hero assassin, contohnya adalah Pasif Natalia dimana setelah menghilang, basic attack nya akan memberikan silence yang cukup lama.

Kemudian Pasif Hellcurt dimana akan memberikan silence kepada hero yang mengeluarkan skill di dekatnya. Juga skill 1 hellcurt akan memberikan silence jika mengenai target.

Di Mobile Legends, biasanya silence ditandai dengan icon x di atas hero yang terkena efek.


Knock Up, Knock Back, Pull


Crowd control pada point kali ini sebenarnya termasuk kepada stun juga, tapi bedanya, dengan memberikan perpindahan posisi kepada target.

Knock Up memberikan efek target akan terlempar keatas. Contohnya adalah Ultimate dari Saber dan juga Skill 1 Chou.

Knock Back memberikan efek terlempar / terdorong ke belakang. Contohnya adalah skill 2 moskov, Ultimate Chou dan skill 2 Martis.

Pull memberikan efek target akan tertarik. Contohnya adalah skill 1 Franco dan Ultimate Ruby.


Immobilized


Immobilized adalah status debuff dimana kebalikan dari silence, yaitu target dapat menggunakan skill nya, tetapi tidak bisa bergerak.

Kesalahan yang kerap terjadi terkadang target yang terkena immobilized justru yang mendapat kill karena kurang nya perhitungan.

Contoh pada skill hero yaitu Ultimate Cyclop, dan Skill 2 Angela.





Blind


Blind adalah status debuff dimana jika target yang terkena blind menyerang menggunakan basic attack, tidak ada pengaruhnya terhadap lawan yang diserang, istilah lainnya adalah miss.

Blind ini memang sangat jarang di game moba, biasanya hanya ada di satu atau dua hero saja, tidak banyak.

Blind dapat Anda temukan pada skill 1 Clint.


Taunt


Taunt adalah status debuff dimana akan memaksa target untuk menyerang dengan basic attack, Taunt juga akan mematikan skill target.

Crowd Control ini sangat unik, karena pasti akan membutuhkan durability yang bagus agar tahan diserang oleh target. Taunt biasanya ada pada hero hero tank, contoh nya ada pada skill 2 hero GatotKaca.





Morph


Morph adalah status debuff dimana akan mengubah target menjadi bentuk lain. Target yang terkena morph tidak akan bisa menggunakan skill atau basic attack, hampir sama seperti stun.

Morph sangat unik dan termasuk jarang ditemui di dalam game MOBA. Skill yang mempunyai Crowd Control jenis ini adalah skill 2 dari Nana yang bisa mengubah target menjadi kelinci (?).


Itulah beberapa macam Crowd Control yang ada pada game Mobalog.

Mungkin pada game moba PC atau tap tap seperti Dota 2, LOL, Vainglory, terdapat beberapa istilah lain seperti Airbone, Root, Ground, dan lain lain. Tetapi secara garis besar efek yang dihasilkan sama seperti yang dijelaskan diatas.

0 Response to "Pengertian, macam, dan jenis Crowd Control (CC) pada game MOBA - Mobile Legends: Bang Bang"

Post a Comment

Spam comment & Backlink akan di hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel