Cara upgrade ke OVO Premier ternyata sangat mudah! + fix error

OVO


Perlu Anda ketahui, pertanggal dimana artikel ini diterbitkan, Anda sudah tidak bisa lagi melakukan upgrade OVO dengan cara online. Jika Anda berniat untuk mencari tutorial upgrade OVO via online, silahkan Anda cari artikel yang lain, saya tidak akan membahas upgrade via online, monggo.

Artikel ini sepertinya bukan membahas upgrade OVO saja, tapi lebih ke menceritakan pengalaman saya menggunakan dompet digital ini selama beberapa bulan terakhir.


Sebelumnya saya memang menggunakan OVO untuk transaksi di beberapa merchant marketplace OVO. Jadi kebutuhan akan upgrade OVO menjadi Premier sepertinya tidak diperlukan.

Tetapi beberapa bulan yang lalu, saya berpikir sepertinya upgrade OVO memang diperlukan karena ada satu fitur yang sangat penting, yaitu TRANSFER.

Baik itu transfer sesama OVO, maupun ke rekening bank tertentu, fitur ini sangat penting untuk sebuah 'Dompet Digital'. Akhirnya dari situ saya memutuskan untuk upgrade OVO menjadi Premier.

Karena saya sendiri bisa dibilang salah satu orang yang melek akan teknologi, saya melakukan upgrade sendiri tanpa browsing tutorial atau panduan di internet. Cukup mencari tombol upgrade dan lakukan apa yang disuruh, seperti foto KTP dan memasukkan nomor-nomor tertentu, mudah.

Tapi,

Sayangnya setelah panduan dari aplikasi disitu saya lakukan, pemberitahuan yang saya dapat adalah "Silahkan pergi ke OVO Booth terdekat untuk menyelesaikan proses upgrade", setidaknya seperti itu.

Disini saya mulai browsing tentang bisa atau tidaknya melakukan upgrade online di aplikasi OVO.

Hasil yang saya dapat, banyak sekali panduan dan tutorial yang menjelaskan upgrade OVO secara online. Dan caranya tidak jauh berbeda dengan apa yang saya lakukan. Mereka berhasil, tapi saya tidak.

Setelah beberapa cara saya lakukan tapi tetap saja tidak mendapat hasil, saya memutuskan untuk melaporkan perihal upgrade OVO ini ke Customer Service OVO. Mereka dengan cepat membalas via email seperti ini.


Konfirmasi OVO


Mereka mengganti kebijakan dan menghilangkan upgrade online dari aplikasi. Upgrade OVO hanya bisa dilakukan via offline di booth terdekat.

Ini adalah langkah mundur yang saya rasa sangat merugikan bagi mereka. Kenapa?

Karena di hari ini, semua serba instan. Dan para manusia ini sebisa mungkin menghindari sesuatu yang berbau "repot". Apalagi yang harus memakan banyak waktu.

Disitu saya mencari alternatif dompet digital yang lain, yaitu DANA.

Dan coba Anda tebak, upgrade DANA bisa dilakukan via online hanya dengan scan KTP dan wajah. Proses verifikasi mereka juga sangat cepat. Hanya dalam beberapa menit, akun DANA saya sudah menjadi premium. Ada fitur TRANSFER tentu saja.

Perkembangan yang bagus, OVO!
Anda dengan mudahnya memberikan pengguna Anda ke aplikasi lain. Disaat DANA, saingan terberat Anda, sudah merangsek naik karena kerjasama mereka dengan merchant-merchant besar. Anda malah menyulitkan pengguna hanya untuk melakukan upgrade.





OVO


Sayangnya,

Saya tidak mempunyai pilihan lain selain upgrade OVO, meskipun repot dengan cara offline.

OVO sudah menjadi salah satu bagian dari usaha saya. Katakan saya melakukan uninstall aplikasi OVO, maka usaha saya tidak akan berjalan dengan lancar.

Saldo di dalamnya juga bisa dibilang tidak sedikit. Meskipun tidak sampai jutaan, tapi jika uang itu adalah media untuk perputaran uang usaha Anda, maka berapapun itu tidak bisa dibilang sedikit.

Dan kalaupun saya memutuskan untuk pindah dompet digital, setidaknya saya harus mentransfer saldo OVO saya ke aplikasi lain, dan itu hanya bisa dilakukan jika saya melakukan upgrade.

Merepotkan sekali.


Scan OVO


OVO sudah memberikan list dimana saja booth mereka berada.

Hebatnya, list mereka static.

Dari sekian puluh booth yang mereka berikan, tidak ada fitur pencarian sama sekali. Alhasil saya harus membaca satu per satu dari puluhan list, dimana letak booth terdekat dari rumah saya.

Dan hebatnya lagi, tidak ada OVO Booth satupun di kota saya. Padahal kota saya termasuk ke dalam kota besar di pulau jawa. Di kota saya juga ada LIPPO MALL. Mengingat OVO adalah brand besar dibawah naungan LIPPO GROUP, sangat mengherankan kenapa mereka malah tidak menyediakan booth disana.


Saya memutuskan pergi ke luar kota untuk melakukan upgrade OVO, pada jam-jam sepi untuk menghindari macet. Sekitar pukul 11 - 12 siang hari kerja, tepatnya di Tunjungan Plaza 3 Mall, Surabaya.

Booth OVO ada di lantai 5, di tengah-tengah food court. Pemilihan tempat yang lucu, pikir saya.

Tapi setelah melihat sekeliling, hampir seluruh stand makanan disana menyediakan cashback 20% untuk yang melakukan pembayaran dengan menggunakan OVO. Saya sadar itu adalah pemilihan tempat yang tepat.

OVO booth tidak seperti yang saya bayangkan, dimana ukurannya jauh lebih kecil dari yang saya kira. Bahkan mungkin 5 orang saja disana berbarengan, sudah bisa menyebabkan antrian yang lama.


OVO BOOTH
source @ lampung.tribunnews.com - OVO Booth yang mirip dengan yang saya datangi


Untungnya, tidak ada antrian satupun saat saya datang.

Saya mengatakan ingin melakukan upgrade, kepada salah satu dari dua mbak-mbak penjaga OVO Booth disana. Mereka menyambut dengan ramah dan meminta saya mengeluarkan ktp dan aplikasi OVO di ponsel saya.

Hanya dengan KTP, mbaknya mengisikan data-data pribadi saya pada selembar form tanpa saya diminta menulis apapun. Bahkan saat mengisi form nama ibu kandung, mbaknya hanya bertanya lalu menulisnya sendiri, tanpa menyuruh.

Saya cukup senang, dimana biasanya saat berkunjung ke Customer Service apapun, setidaknya saya menuliskan nama dengan tangan saya sendiri.

Setelah sibuk sendiri menulis data-data yang saya tidak ingat apa saja, men-scan aplikasi saya beberapa kali, dan mengecek ponsel mbaknya sendiri, akhirnya saya hanya perlu tanda tangan dan menunjukkan kode OTP yang masuk di nomor saya via sms.

Setelah konfirmasi terakhir dari OTP sms itu, mbaknya mengatakan bahwa saya harus menunggu setidaknya 1 hari sebelum OVO saya menjadi Premier.

Upgrade Selesai.






Error


Masalah


Ada beberapa masalah yang saya alami setelah melakukan upgrade OVO.

Pertama,
Setelah satu hari penuh menunggu, OVO saya belum juga berubah menjadi Premier.

Saya kembali menghubungi Customer Service mereka. Solusi mereka adalah menyuruh saya melakukan re-login ke dalam aplikasi. Tapi sudah beberapa kali saya logout, lalu kembali login, tetap OVO ID saya masih berstatus OVO Club, belum Premier.

Solusi saya, coba lakukan transaksi apapun.

Dalam kasus saya, OVO saya akhirnya ter-upgrade setelah saya mendapatkan cashback OVO Point dari tokopedia.

Jika Anda melakukan upgrade di booth sebagai pengguna baru, dengan kata lain, Anda melakukan upgrade padahal belum pernah Top-Up atau melakukan transaksi apapun, maka pihak OVO menganjurkan Anda untuk melakukan transaksi pertama minimal Rp25.000.

Kedua,
Beberapa fitur Premier tidak bisa digunakan.

Jika status OVO Anda adalah Premier, maka Anda bisa menggunakan fitur Finance untuk memantau pengeluaran Anda. Tapi yang saya alami, fitur tersebut tidak bisa digunakan. Padahal fitur lain seperti transfer sudah bisa digunakan.

Solusinya, silahkan Anda logout lalu login kembali kedalam aplikasi. Fitur Finance sepertinya stuck dari aplikasinya jika Anda baru ter-upgrade tapi tidak melakukan re-login.

0 Response to "Cara upgrade ke OVO Premier ternyata sangat mudah! + fix error"

Post a Comment

Spam comment & Backlink akan di hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel