5 Tips Melindungi PC Dari Virus

Virus



Hai ...


PC memang tidak bisa lepas dari yang namanya virus. Agar PC kalian bekerja dengan optimal, kalian harus meminimalisir terjangkitnya virus ke PC.

Menghindari virus memang bukan hal yang mudah.

Mungkin tanpa sadar, saat melakukan operasi sepele dengan PC, virus ikut masuk tanpa sepengetahuan kalian. Untuk meminimalisir masuknya virus ke PC, berikut beberapa tips melindungi PC dari virus.



1. Install Antivirus


Kita memang tidak bisa memantau semua operasi yang dilakukan oleh komputer. Terkadang, tanpa sengaja kita telah memasukkan virus ke komputer.

Untuk itu, wajib hukumnya melengkapi komputer dengan AntiVirus. Jangan sekali kali membiarkan Komputer kalian bekerja tanpa Antivirus.


Untuk sistem operasi Windows 7 ke atas ...

... windows telah menyediakan program Antivirus bawaan yaitu Windows Defender. Namun terkadang, windows defender dalam keadaan mati dan database belum terupdate.

Jangan lupa untuk mengaktifkan windows defender dan lakukan update ke versi yang terbaru.

Selain Windows Defender, kalian juga bisa menggunakan AntiVirus pihak ketiga, seperti Avast, AVG, atau Smadav.



2. Scan PC Dengan Rutin


Kalau antivirus sudah kalian install, jangan lupa aktifkan real-time protection.

Gunanya, agar semua aktifitas kalian selalu di scan oleh antivirus tersebut. Kalau ada malware, pasti akan otomatis dihapus oleh antivirus itu.

Tapi perlu diingat, real-time protection hanya akan memindai operasi yang kita lakukan saja. Jadi, kita juga harus selalu melakukan scan dengan rutin setiap hari.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bila ada virus yang lolos tanpa sepengetahuan Antivirus.



3. Kunjungi Website Terpercaya


Poin ini mungkin bisa kalian abaikan, karena browser sekarang sudah canggih dan memberikan peringatan kalau kalian mengunjungi website yang berpotensi membahayakan.

Tapi ...

... ada juga yang "nakal", dalam artian mengabaikan peringatan, dan tetap mengunjungi paksa website tersebut.

Tentu ini bisa menjadi kesempatan besar bagi malware untuk masuk ke komputer kalian, apalagi sekarang terobosan untuk membuat virus sudah bermacam-macam.

Setidaknya antisipasi.



4. Hindari Registrasi Software Dengan Crack, Patch, Atau Keygen.


Yah, memang ini tidak mungkin untuk dihindari. Kita juga memerlukan software bermacam-macam untuk produktifitas kita, seperti Ms. Office, Antivirus, bahkan Game.

Dan lucunya, sebagian besar software tersebut adalah berbayar dan mahal.

Tidak mungkin kita menghabiskan uang hanya untuk memanjakan komputer kita dengan membeli semua software software yang kita butuhkan. Apalagi untuk seorang pelajar.

Nah ...

... di titik ini, pasti kita akan mengandalkan crack dan patch agar software tersebut bisa kita gunakan secara gratis.

Tapi sebenarnya ini sangat berbahaya, karena kita secara gamblang menggunakan software milik orang yang tidak dikenal untuk pembobolan.

Mungkin saja di dalam software crack tersebut terdapat malware yang bisa menular ke komputer kita.



5. Waspada Saat Share File Dengan Flash Disk.


Flash Disk memang sarana untuk memindahkan file dari PC ke PC yang sangat simpel dan cepat.

Namun ...

... jangan asal memasukkan flash disk ke sembarang PC, apalagi di tempat umum seperti warnet, kita tidak siapa saja yang memakai, dan apa saja yang ada di dalamnya.

Tidak semua PC terbebas dari virus, peluang masuknya virus ke dalam flash disk sangat lah besar, karena flash disk bersifat RW (read & write), yang artinya apapun bisa dengan mudah masuk.

Cobalah untuk selalu mengaktifkan antivirus saat mulai transfer file dari Flash Disk ke PC. Atau kalian bisa menggunakan CDR / DVDR yang bersifat read only, atau hanya bisa dibaca saja, file tidak bisa masuk.



Oke ...

... mengontrol kesehatan PC memang perlu dilakukan setiap hari, agar PC kita terhindar dari virus dan bekerja secara optimal.

Lalu cobalah juga merawat PC bukan hanya dari Softwarenya saja, namun juga dari Hardware dan periperalnya. Selalu cek kebersihan perangkat keras PC sobat, Bersihkan dari debu dan kotoran yang bersarang. Berguna untuk menjaga umur PC sobat agar bertahan lama.




Sekian,

Keep exploring the Biner World ...

0 Response to "5 Tips Melindungi PC Dari Virus"

Post a Comment

Spam comment & Backlink akan di hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel